Nasi Bakar Telur Ikan

Nasi bakar telur ikan
Nasi bakar telur ikan


Ini cerita sebelum puasa tiba,pada jumat yang lalu-lalu seperti kebiasaan saya yang  selalu main ke sepupu, yah selain menjalin silaturahim, juga sekalian mengisi perut😆,karena kebetulan dia lagi masak-masak nasi bakar telur ikan yang enak.

Nah sepupuku ini kebetulan beli ikan nila dan ikan mas, biasanya pada ikan mas dan nila ada terdapat telur di dalam nya, berhubung memang sudah sedari kecil sering makan nasi bakar isi telur ikan, maka hari itu kita membuatnya.Ini memang resep waktu saya masih kecil dan nenek sering buatin.


Adapun bahan untuk membuat nasi bakar telur ikan adalah:


*Telur ikan, hati dan lemak baiknya ,bisa ikan apa saja,   kumpulkan yaa dan cuci bersih, pelan-pelan  takut telurnya hancur.


* Nasi putih secukupnya kira"untuk 3 porsi.

* Bawang merah 7 siung.

* Bawang putih 3 siung.

*Cabe merah boleh tambah cabe syaiton secukupnya, selera aja mau pedes atau enggak, tapi pedes lebih syedeep.

*Tomat 1 buah.

*Garam dan penyedap secukupnya.

*Sereh geprek 4 batang.

* Daun bawang 2 batang yg agak gede di iris tipis.

* Daun pisang untuk membungkus.


Giling atau haluskan semua bumbu, kecuali sereh gepreknya dan daun bawang.






Nah foto di atas adalah urutannya,setelah  bumbu siap, campur merata dengan nasi putih tadi, jangan lupa selipkan batang sereh ya lalu di bungkus dengan daun pisang seperti membuat nasi bakar atau pepesan.


Lanjut bungkusan/pepesan nasi tadi di kukus sekitar 25 menit hingga matang, lalu matikan kompor, lanjutkan pepesan nasi tadi di bakar sebentar dengan menggunakan teflon, api kecil saja, supaya harum, jika sudah sajikan nasi bakar telur / hati ikan siap di sajikan selagi hangat.



Rasa nasi bakar telur dan hati ikan ini gurih dan pedas, kalau sekarang banyak di jual nasi bakar isi ayam, nasi bakar seafood, harga juga lumayan.


Sedangkan ini adalah nasi bakar seafood dari telur hati dan minyak ikan,enak di santap selagi hangat, apalagi jika kegigit irisan cabe nya, nambah mantab👍.


Kalau di luar, telur ikan yang namanya caviar sangatlah mahaaaal dan kayaknya ga bakalan kebeli, yang ini cukup telur ikan biasa aja pun udah nikmat, selamat mencoba.



Posting Komentar

8 Komentar

  1. Duh jadi kebayang nikmatnya nasi bakar, padahal nih buka puasa masih agak lama.
    Saya belum nyoba nasi bakar telur ikan, biasa beli nasi bakar daging ayam kadang juga dengan ikan asin.
    Sepertinya nyonya rumah mesti coba bikin resep ini...

    Salam kenal Mbak. Salam dari saya di Sukabumi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai salam kenal juga mas..
      Iya ini nasi bakar telur dan hati ikannya udah sering saya makan dari jaman dulu,simpel dan mudah juga buatnya..selamat mencoba😀

      Hapus
  2. ini, kalau sy makan tarawihnya cuma 2 rakaat sahaja sebab kekenyangan😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...salat tarawih nya ga khusyuk gara"kekenyangan😁

      Hapus
    2. mungkin setakat isyak sahaja. tarawihnya sebelum sahur😂

      Hapus
  3. Amis gk si?

    Q jarang makan telur ikan, yang sering itu dulu terlur katak sawah, biasanya dulu kalau jajan swike itu pasti ada jual pepes telur katak sawahnya, itu saya suka tapi tergantung yang masak, kalau gak pinter² suka amis gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga amis sih mas..apalgi agak pedes...yg amis itu biasanya ikan pari,sering juga di buat pepes tapi hati atau lemaknya amis banget

      Hapus