Bapak Tukang Sol Sepatu

 


MreneYoo.com - Siang itu saya memutuskan untuk pergi ke luar mencari tukang sol sepatu, kebetulan saya beli sepatu online, dan pas barang datang ukuran rada kegedean.

Mubazir donk udah di beli tapi ga di pake, ini yang kadang bikin saya males kalo belanja online, ukuran kaki saya 37 'dan panjang kaki kalau di ukur 23 cm, berhubung ini model sepatu tertutup saya lebihin jadi 23,5' karena saya pikir biar ga kelewat ngepas, biasanya ada beberapa kali beli sepatu atau sandal selalu ngepres.

Alhasil ketika sepatu datang ga taunya malahan rada kegedean alias boncengan, pan jelek liatnya kalo di pakai😣.Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke tukang sol sepatu biar di upayakan pas, agak sedikit maksa hehehe.

Nah siang itu saya hampiri si bapak tukang sol sepatu yang tengah diam tanpa ada gawean. Saya segera bilang ke bapaknya, pak ...bisa tolong ga ini sepatu saya agak kegedean, tolong di upayain biar agak pas...gimana pak ? Tanya saya sedikit curhat 😀.

Bisa neng ujar si bapaknya, nanti dalamnya di tambah dengan bantalan karet solnya katanya...oke deh pak...tolong ya pak...yang rapih ujar saya.

Terus sambil menunggu sepatu saya beres saya lantas ngobrol sama bapaknya.

Tadi di sini ujan ga pak....Enggak neng ujar si bapak sambil menyervis sepatu saya. Di tempat saya tadi ujan deres banget pak dari jam 10 sampai jam 12 ujar saya, makanya saya datanganya siangan ujar saya bercerita....

Enggak neng..di sini cerah ujar si bapak...pantesan saya bulak balik dari tadi kipas-kipas pake tangan karena cuacanya panas pool dan engep alias pengap, saya duduk di bangku kayu di samping  si bapak tukang sol sepatu, menghadap tembok, membelakangi sinar matahari yang cukup terik memanasi punggung saya.

Trus saya iseng nanya sambil memperhatikan si bapak bekerja,...sehari dapet berapa pak ? Ujar saya....ga tentu neng kata si bapak sambil memotong karet tipis dan mengelemnya.

Biasanya sehari dapet berapa ujar saya nanya lagi....ya kadang enam puluh ribu ujarnya....tapi ga tiap hari neng....belom tentu dapet tiap hari ujarnya.

Emm...sehari ini udah dapet berapa pelanggan pak tanya saya,...baru Eneng sendiri ujarnya sambil merapikan potongan karet....emang bapak mulai datang jam brapa ujar saya balik nanya....dari jam 9 udah  di sini neng ujarnya....

Duh Gusti...udah jam 1 siang gini si bapak baru dapet satu orang pelanggan, yaitu saya. Ga kebayang gimana sehari-hari si bapak buat menuhin kebutuhannya, mana si bapaknya udah tua lagi ..ga tegel liat raut wajahnya yang sudah layu terus menunduk membetulkan sepatu saya.

Trus saya bilang lagi...pak panas gini koq ga pake payung ujar saya kasihan melihatnya, wong saya aja bulak balik kipasan sambil terus ngoceh karena panase puool.

Ah biarin aja neng...udah biasa ujarnya...tapi pan panas banget pak ujar saya, pake payung agak gedean pak biar nutupin bapak...ah ga usah neng..ntar ga keliatan ujar si bapak....eh iya juga pikir saya😁..wong kasian liatnya..udah tua...duduk di emperan toko tertunduk sambil membenarkan sepatu dan sinar matahari menyorot wajah dan tubuh si bapak yang udah tua.

Ya Allah, saya bersyukur ga kekurangan, walaupun saya bukanlah orang yang berkelebihan, se enggaknya mau apa-apa saya bisa beli, gak harus duduk panas-panasan kaya si bapaknya...menunggu pelanggan yang ga selalu ada buat servis sepatu dan sandal padanya.

Akhirnya sepatu sayapun beres, saya coba pas ukurannya ga kegedean lagi, kerjaan si bapak juga lumayan rapih..saya puas.

Berapa pak ? Tanya saya sambil mengepas-ngepas sepatu di kaki saya....dua puluh ribu aja neng ujar si bapak....akhirnya saya bayar ke si bapak tigapuluh ribu rupiah. Si bapaknya bilang makasih ya neng.

Semoga kerjaan si bapaknya rame, laris dan selalu aja ada rejeki yang barokah. Semoga si bapaknya di beri kesehatan, saya kalau liat bapak-bapak badannya kurus kecil dan udah tua koq jadi trenyuh, teringat bapak saya yang sudah almarhum, semoga bapaknya sehat-sehat selalu..amiin 🤲.




Salam

Posting Komentar

40 Komentar

  1. saya pun nak bawak sepatunya ke tukang sepatu pun masih belum lagi sempat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya MA..ini karena sepatu saya kebesaran..bawaklah ke tukang sepatu...

      Hapus
  2. Pekerjaan seperti si Bapak kadang kita anggap lalu ya karna jarang2 kita butuhkan. Sekali butuh, kelimpungan nyarinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang Day..sudah jarang juga orang pakai jasanya, kebanyakan karena ga sempat juga makin sedikit yang kerja begini.

      Hapus
  3. lunrah peniaga. kadang dapat ramai customer dalam satu hari sampai tak cukup 'kaki tangan' nak siapkan order. ada hari langsung tiada customer

    sy terbayangka nasib bapak dan lain2 tukang kasut ketika pandemik dulu. bagaimana agaknya mereka cari rezeki setiap hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...ga kebayang yah kala pandemi...apalagi tak banyak lagi kerja jasa sol sepatu seperti ini...sudah langka

      Hapus
    2. itu laa... harap-harapnya rezeki sentiasa mengalir untuk mereka...

      Hapus
  4. Moga bapak tukang sol sepatu sentiasa dipermudahkan mencari rezeki.
    Rezeki yang halal dari tulang empat kerat sentiasa membawa berkat dalam kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin ...iya kak...jasa tukang sepatu seperti ini ga tentu..semoga usaha nya lancar selalu..amiin

      Hapus
  5. Semoga si Bapak dapat rezeki yang banyak, insyaa Allah berkah usahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...mas Cipu...semoga berkah aja usahanya.

      Hapus
  6. Aamin..moga makbul segala doa buat bapak tersebut.

    Saya pun selalu memerhati tukang kasut berhampiran rumah. Kagum melihat ketabahan dan kesabaran mereka menunggu pelanggan, duduk berpanasan di kaki lima.

    Eh, baru saya tau kasut boleh 'dikecilkan' dengan cara begitu 😀. Syukur ada cara, masih dapat pakai kasut yang dibeli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..jasa tukang sepatu sudah sangat jarang di temui, memang suka kasihan liat mereka..tapi itulah hidup ...betul kak....sepatu bisa di kecilkan dengan cara menambah lapisan karet di dalamnya..yg penting hasil kerjanya rapih 😀

      Hapus
  7. sebab tu sy ngak pernah beli kasut online sbb kadang-kadangnya saiznya 36 kadang-kadang 37 jadinya takut nak beli online... kena pegi mall saja terus cubain dahulu di kaki... semoga dimurahkan rezeki mereka si bapak cobbler ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..itulah jeleknya kalau suka scroll " hp 😀beli ini itu yg di rasa menarik,tak taunya ukuran ga pas..memang lebih enak belanja langsung di tempat yah bisa pas ukuran kaki hehe....

      Amiin YRA 🤲

      Hapus
  8. En mi pais tambien existen. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I hope they are well and keep working ☺️

      Hapus
  9. Dulu punya langganan tukang sol sepatu. Asalnya dari tasikmalaya yang merantau di semarang. Kerjaannya bagus, rapi, dan enak diajak ngobrol. Beberapa bulan sekali balik kampung untuk bantu panen di sawah milik keluarga. Kalau udah balik kampung pasti lama. Udah beberapa tahun ini ga lihat bapak itu lagi.

    Tukang sol sepatu seperti bapak ini selalu bisa menyelesaikan masalah pada sepatu kita yang rusak. Semoga bapaknya selalu dapat rejeki yang berkah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Vai...jasa sol sepatu gini udh mulai hilang di tempat saya, bisa di hitung jari...tapi alhamdulilah masih ketemu si bapaknya

      amiin YRA 🤲

      Hapus
  10. Tukang sol sepatu. Di sini masih sering tukang sol sepatu keliling lewat depan rumah tiap Sabtu atau Minggu sering saya dengar suara teriakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat saya udh jarang banget mas..bisa di hitung jari, alhamdullilah masih ada juga yang pakai jasanya walau ga banyak

      Hapus
  11. Paling gak tega liat orang tua bekerja terlalu ngoyo. Kasihan. Semoga saja pekerjaan bapaknya lancar dan bisa mencukupi segala kebutuhannya.

    Semoga kakak yg baik ini juga lancar rezekinya karena udah membantu bapaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk Keza, suka ngenes kalau lihat orang sudah lanjut tapi masih cari nafkah, kalau ga gitu ya mau gimana lagi kebutuhan hidup harus di penuhi.....amiin...itu mah orang lain pun sama aja mbk bakalan iba kalau liat yg begini😊

      Hapus
    2. Iya kak bener banget, nelangsa gitu rasanya, jadi kdang kalo pas berkendara dan ngeliat, aku cuman doain aja .... tpi kdang kala ada yg kerja di masa tua emang krna hobi meski dh dilarang anaknya. Ada pula yang emang keharusan memenuhi kebutuhan

      Hapus
    3. Iya mbk...kadang karena ga mau ngerepotin anak"nya yg sudah berkeluarga, ada juga karena memang suka dengan kerjaannya, dari pada duduk diam di rumah,mungkin lebih baik nyambi di luar

      Hapus
  12. Begitulah kehidupan ya, ananda. Masih banyak Orang yang lebih kurang beruntung dibandingkan kita .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund .betul banget...karena nya harus pandai bersyukur ya bunda😊.makasih bund sudah mampir 🙏

      Hapus
  13. Dari hal seperti ini kita belajar bersyukur. Pekerjaan si bapak ini masih dibutuhkan, tapi masalahnya ya gak setiap saat, menunggu disaat dibutuhkan itulah yang gak mudah untuk bapak² yang berprofesi sebagai tukang sol sepatu. Tapi si bapak lebih baik memilih jalan ini daripada meminta-minta.

    Terima kasih mba sharing pengalamannya ini, padahal ngurus sepatu aja, tapi bisa juga menyentuh nurani kita ..

    Semangat Pak Sol #caiyo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...jasa sol sepatu kayak gini udah jarang di temui,walau adapun ga banyak ...orang kalo sepatu atau sandal rusak palingan di buang..selama masih bagus dan bisa di perbaiki,itung"bantu mereka juga.

      Hapus
  14. aku lebih salut dan respek sama bapak bapak seperti ini, yang masih berusaha untuk bekerja. Bahkan rela panas-panasan.
    Semoga bapaknya selalu diberi kesehatan, kekuatan dan kemudahan dalam kerjaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbk..udah berumur tapi masih tetap aktif bekerja cari nafkah..ga kepingin leha" aja...amiin doanya

      Hapus
  15. Semoga dimurahkan rezeki buat si tukang kasut dan juga Mreneyoo.. Aamiin..

    BalasHapus
  16. Lihat fotonya saya jadi teringat bapak tukang sol sepatu di pasar Cisaat nih Mbak.

    Tempo hari sepatu sneaker saya lepas sol nya. Saya bawa ke si bapak tukang sol. Sepatunya di reperasi dengan menjahit sekeliling sol. Ongkosnya hanya 15 ribu saja. Sepatu siap lagi mengantar saya jalan kaki setiap pagi.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak...jasa sol sepatu sudah mulai tergerus jaman...ga banyak profesi ini di geluti orang"...tapi saat sepatu atau sandal kita rusak jasa mereka ngebantu kita banget, udah gitu bayarannya cukup murah lagi ya..semoga mereka"banyak rejekinya ..amiin

      Hapus
  17. Duh makasih kak sudah ngasih lebih ke bapaknya, semoga berkah ya, semoga si bapaknya jg lancar rezekinya tiap hari. Kadang suka trenyuh kalo liat orang nawar sampe tega banget ke pedagang atau ke tukang kayak bapak ini, padahal penampilan si penawarnya itu keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk..kadang trenyuh lihat bapak"sudah tua tapi masih tetap giat kerja banting tulang,apalagi kerjaan jasa seperti ini udh jarang"...amiiin mbk yg saya kasih ga seberapa...

      Hapus
  18. Makin susah lho nyari tukang sol di tempatku, ada sih tapi agak jauh.. tapi kerjanya bagus dan rapi, jadi langganan. Semoga si Bapak diberi kesehatan dan keceriaan untuk bekerja ya, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin mbk..iya mbk..jasa sol sepatu sekarang sudah mulai hilang,ga banyak lagi orang yang butuh reparasi sepatunya..kebanyakan beli baru yg lama di buang/ di tumpuk aja.

      Hapus