Mimpi dan Susah Tidur


Mreneyoo.com. Satu..dua..tiga...sepuluh..dua puluh..tigapuluh....๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘sambil terus menghitung jumlah domba supaya bisa tertidur, kata siapa sii ๐Ÿ™„, tapi tetap aja gak bisa lelap dan belakangan ini saya suka terbangun gegara mimpi, sudah berusaha untuk rileks, tetap saja terbangun dan mimpi lagi.

Memang akhir-akhir ini saya susah tidur, baru bisa tertidur kalau sudah di atas jam dua belas malam, bahkan di atas pukul satupun mata masih terjaga, padahal ngantuk berat.

Akibatnya saat tidur pun enggak bisa pulas dan gak berkualitas, balik kanan hadap kiri, celentang, pokoknya berbagai posisi dan paginya badan gak fit dan mata masih terasa berat.

Mungkin kah insomnia saya kumat lagi ? Dulu sekitar tahun 2018 saya sempat ngalamin insomnia berat selama dua tahun, sudah berbagai upaya saya lakukan supaya bisa kembali tidur normal, tapi enggak bisa.

Akhirnya saya sampai mendatangi seorang psikolog dan tanya ke beliau apa sih penyebabnya kenapa saya gak bisa tidur, mbak psikologinya sangat ramah dan setelah beberapa kali datang ke beliau, akhirnya lambat laun saya bisa tidur lagi walaupun enggak selalu bisa tidur nyenyak, karena semua butuh proses tetapi lumayan membantu tidur saya.

Balik ke cerita saya di awal tadi, gegara susah tidur saya jadi sering bermimpi, mimpinya juga random banget dan gak jelas.

Saya suka terbangun dan kaget, lantas mikir barusan mimpi apa ya ? Padahal mimpi saya suka gak jelas dan aneh aja, bukan juga mimpi seram, tapi kenapa selalu berkali-kali mimpi, sampai akhirnya jadi takut sendiri buat kembali melanjutkan tidur, takutnya mimpi lagi:D

Kata orang mimpi itu bunganya tidur, mungkin iya, tapi saya gak terlalu mikirin mimpi itu apa, namanya manusia pastilah pernah bermimpi, tetapi kalau keseringan bermimpi ya ganggu juga.

Suasana tidur memang harus mendukung, saya suka tidur dengan lampu yang redup dan harus sunyi senyap, agak susah memang kalau ada suara berisik atau orang berbincang, saya pasti bakalan susah tidur, makanya saya gak bisa tidur kalau kelewat jam tidurnya.

Menurut yang saya baca, biasanya jam tidur itu selalu mengikuti kebiasaan dan sudah terekam di memori kita, kalau biasa tidur jam 10 malam usahakan untuk teratur tidur jam segitu tiap malamnya, jadi melatih kita untuk terbiasa tepat waktu tidurnya.

Saya suka mikir gimana dengan yang kerja lembur atau kerja malam, mereka toh gak selalu bisa tidur tepat waktu, halah..malahan ngurusi orang ๐Ÿ˜ฉ.

Berhubung saya susah buat tidur nyenyak dan baru bisa lelap di atas jam dua belas malam, saya suka terbangun dan akhirnya susah buat tidur lagi dan ujung-ujungnya begadang, seperti semalam, saya lihat sudah jam satu malam, mata tetap melotot padahal ngantuk berat ๐Ÿ˜ตapalagi masih terdengar suara pengamen jalanan yang bawa gerobak tarling.

Suka iri dengan orang yang mudah tidur di mana dan kapan aja sampe ngorok, rasanya pingin nampol ๐Ÿ˜.

Beberapa orang tidur di atas jam 12 malam alias begadang udah biasa atau jadi kebiasaan, semakin tambah umur waktu tidur memang makin berkurang, tapi saya enggak mau begadang jadi kebiasaan, karena begadang sangat menurunkan kualitas hidup seseorang, tubuh gak fit, kerja gak semangat, mood jadi gampang berubah, badan pada pegel, telmi dan sebagainya dan saya udah pernah ngalamin.

Sebetulnya gak perlu berapa lamanya kita tidur, tapi seberapa berkualitas nya tidur kita, lah tidur saya sendiri aja susah, gimana mau berkualitas.

Beberapa cara sudah saya lakukan seperti relaksasi, ngitungin angka sampe puluhan, dengerin suara musik yang lembut, baca doa dan sebagainya, tapi tetep aja kalo pas lagi kumatnya gak bisa tidur juga, cuapeek rasanya, malahan yang terngiang-ngiang itu lagunya pak haji Rhoma..begadang jangan begadang....kalau tiada artinya ๐ŸŽถ๐ŸŽถ, kayak tersindir jadinya hehe.



Salam



Posting Komentar

32 Komentar

  1. Mbak Mreneyoo boleh coba ambik supplement magnesium glycinate pulak sebab salah satu faedahnya untuk membantu mendapatkan tidur yang berkualiti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih...saya langsung googling cari tau manfaatnya..sekali lagi terimakasih ya ...mudah"an bisa membantu gangguan tidur saya.

      Hapus
  2. Saya pernah alami masalah begini, berpunca dari sejenis ubat ekzema yang saya ambil setiap malam. Sis tak ada ambil ubat apa-apa kan?

    Cara lain yang boleh dicuba supaya dapat tidur - membaca buku sebelum tidur. Ada satu lagi cara yang saya buat - dengar kuliah agama atau talk show. Bukanlah betul mendengar tapi lebih kepada seperti didodoikan ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak sis,saya enggak ada minum obat-obatan, paling hanya obat sakit kepala atau vitamin penambah darah,itupun jarang-jarang...iya juga sih dengar ceramah agama dan sejenisnya ,mana tau bisa lelap,makasih sarannya sis๐Ÿ˜€๐Ÿ™

      Hapus
  3. mbak heni banyak pikiran kah ?, biasanya orang yang susah tidur banyak pikiran, atau masalah hidup ๐Ÿ˜, ya enggak semuanya seperti itu sih ๐Ÿ˜, mungkin coba lebih santai pas sebelum mau tidur.. sotoy ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya orang idup pasti pernah kena pikiran ya mas Khanif,nah saya juga tipe orang yg gampang kepikiran,yg gak penting juga kadang kepikiran wkwkk,barangkali itu juga ya penyebabnya..susah ngilanginnya.

      Hapus
  4. wah repot juga ya mbak kalo susah tidur gini, pasti di badan juga krasa nggak enak jadinya, saya jadi keinget juga kejadian yang sama beberapa tahun lalu, sering kali juga susah tidur, mau dipake tidur lagi pun susah, tapi lambat laun bisa kembali tidur seperti biasanya, kalau pas kebangun & nggak bisa tidur lagi, saya dulu biasanya malah nglakuin aktivitas lain biar bisa tidur lagi, kayak bersih-bersih rumah salah satunya, pas badan udah krasa capek jadi bisa tidur pulas lagi hehe

    btw semoga mbak lekas bisa tidur dengan nyaman lagi ya, aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya gak enak banget mas...badan gak fit dan kayak kurang fokus gitu, mungkin saya harus tiru juga seperti masnya,kalo gak bisa tidur mendingan beberes atau ngapain gitu ya, jadi pas capek bisa tidur lagi...amiin..makasih ya mas.

      Hapus
  5. Jangan tidur siang dan pasti masa nak tidur jauh dari gajet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya begitu ya bang..tapi terkadang susah mengubah kebiasaan.

      Hapus
  6. Akuu jarang yang begadang gitu sihh Mba Heni... Paling jam 10 atau 11 udah tidur... Jam Tidurku sampai saat ini masih normal. paling nggak normalnya pas lagi shift Malam ๐Ÿ˜† Wisss itu mahhh,, Wassalam... Kalau lagi shift malam paling mulai masuk kamar jam 10 pagi... Terus biasanya lanjut tidur bebek smmpe jam 12 siang. terus udahh tahu2 melekk ajaaa... smpe mau berangkat kerja malam lagi.. Wahh kalau udah gitu, mata asli kriyep-kriyep bangettt... wkwk ๐Ÿคฃ Mood jadi galak... Yang diotakk cuma "Ayoo sih liburr..." wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku begadang karena terpaksa hikss....mata ngantuk berat tapi susah banget buat tidur ๐Ÿ˜ฉ.Makanya suka iri banget liat orang bisa tidur sampe ngorok,entah di mobil, duduk di kursi..koq bisa....
      Asli mata pedes dan berat,mikir juga rada lemot dan badan gak fit..iya emang waktunya buat liburan kayaknya hehe

      Hapus
  7. Gracias por los consejos. Es terrible tener insomnio. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sangat tidak nyaman, terimakasih sudah berkunjung ๐Ÿ™

      Hapus
  8. sebelum ni saya juga alami perkara sama. dah cuba mcm2 supaya senang tidur. sebelum ni ok je. tak ada apa2 masalah. then saya trace back apa yang saya makan dan minum sepanjang hari tu. katakan hari tu saya ada minum boba tea. then saya dapati malam ti saya susah nak lena. then saya buat kesimpulan, saya kena lurangkan minuman manis. saya buat pada hari berikutnya dan tengok kesannya. ya! saya boleh lena cepat. lepas tu saya cuba tak ambil apa-apa yang bergula. dan saya dapati... punca saya susah tidur adalah sebab pengambilan gula berlebihan. alhamdulillah... sekarang lebih baik kecuali kalau saya teringin nakonum kopi hari tu... then malam.susah sikit nak lena

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga ya karena saya makan manis" sebelum tidur, kadang memang tiap hari ngopi saya tuh walau gak banyak,sekitar pukul 3 sore biasanya sudah ngopi sambil makan cemilan manis..wah bisa juga deh saya kurangi dulu makan cemilan dan ngopi..siapa tau bisa membantu.

      Hapus
    2. saya tak pernah jumpa apa2 article ilmiah yang ada discuss tentang tidur dengan gula. tapi saya percaya seiring peningkatan usia, ada apa2 yg mungkin berlebihan dalam tubuh boleh menyumbang kepada kualiti tidur kita

      Hapus
    3. waduhhh banyaknyaaa typo๐Ÿคญ

      Hapus
    4. Tapi bisa jadi seiring usia bertambah,perubahan hormon,apa yang kita konsumsi barangkali ikut menyumbang pola tidur jadi kurang nyenyak, memang harus mulai mengubah pola hidup lebih sehat ya.

      Hapus
  9. ya berapa lama kita tidur tak penting. kualiti tidur lebih daripada segalanya supaya bila bangun badan jadi lebih segar.
    bagi saya kualiti tidur yang bagus adalah, kita tak alami apa2 mimpi, tidak berdengkur dan tidak terjaga sedikit pun sepanjang tidur. tahu2 sahaja bangun waktu dah subuh dan tak terasa mengantuk yang 'kuat'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saya juga kalau tidur pulas jarang sekali mimpi,terbangun kalau bunyi alarm subuh aja dan badan fit -fit aja sih...akhir-akhir ini aja suka susah tidur,barangkali memang karena ngopi dan makan manis malam hari nya.

      Hapus
    2. mungkin boleh ngopi tapi sebelum tengah hari supaya kesan kafein nya tak 'terbawa-bawa' hingga ke malam

      Hapus
  10. Aku malah kebalikannya mbak. Mungkin karena sudah terlalu lelah kali yaa, jadinya tiap tidur tuh seringnya mbablas aja ga ada mimpi apa-apa. Malah aku ngerasanya tidur tuh kayak tombol skip aja buat mulai hari esok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak mas.. bersyukur banget walo capek langsung bisa pules gitu....aku susaah .

      Hapus
  11. Kata si Mr Bean kita domba bila terkejut jumlah nya terus tertidur gitu hahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ternyata kata Mr Bean tu gak benar haha

      Hapus
  12. Ngak tahu apa msalah nya namun saya doakan moga sihat sentiasa dan dapat ketenteraman untuk tidur di malam hari.. Ada ustaz beritahu kalau susah mau tidur buka ajar video kuliah di masjid pasti akan tertidur kerna kuliah di masjid ramai yg ketiduran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang..makasih....memang sih beberapa orang kalau denger ustad ceramah entah kenapa malah jadi ngantuk,mungkin suara pak ustadz yg bikin teduh..atau AC masjidnya yg bikin ngantuk haha...

      Hapus
  13. Duh susah juga ya kalau susah tidur. semoga segera membaik yaaak.kalau sy sangat mudh tidur hahaha bahkan parah,ngantuk terus wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah rasanya gak enak mbk...mata sepet tapi gak bisa lelap, capek banget rasanya hehe.

      Hapus
  14. Elakkan minum minuman berkafein & elakkan tidur petang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin karena saya siangnya minum kopi

      Hapus