Baterai Hp Gembung



Mreneyoo.com. Jadi, ini cerita tentang si hape yang udah setia nemenin saya selama beberapa tahun terakhir. Sebut aja hape ini "Si Gembul" bukan karena bodinya yang bongsor, tapi karena baterainya yang tiba-tiba jadi gembul alias gembung.

Awalnya, Si Gembul ini normal-normal aja. Nggak ada tanda-tanda bakal rewel. Performanya masih okelah, meskipun umurnya udah lumayan tuir, udah hampir empat tahun. Tapi, lama-kelamaan saya mulai ngerasa ada yang aneh. Layar hape sering tiba-tiba macet nggak jelas, terus kalau dipake browsing atau nonton, baru juga bentar, baterainya langsung ngedrop. 

Ya, saya pikir sih itu wajar, mungkin udah mulai lelah karena usia..hikss. Tapi ternyata itu bukan sekadar tanda penuaan lur, padahal pas lagi jamannya batere hape yang bisa lepas pasang gak pernah ngalamin kayak gini sih.

Kemarin pas lagi iseng-iseng ngecek casing belakangnya, saya agak kaget, bagian belakang hape yang biasanya datar aja, tau-tau jadi gembung, kerasa gitu pas di raba, agak jendol 🙄. Ya, baterainya gembung gitu lur! Ngeliat itu auto langsung panik, inget cerita-cerita horor tentang baterai hape yang gembung terus bisa meledak kalau nggak segera diganti.

Saya buru-buru buka Google dan mulai browsing soal baterai gembung. Ternyata, itu tanda serius kalau baterainya udah harus segera diganti. Kalau dipaksain, bisa jadi masalah besar, kayak hape yang tiba-tiba mati total atau yang lebih parah, ya meledak itu tadi..hiii serem.

Nggak pake lama, kemarin saya langsung ke konter sekaligus tempat servis hape, sampai di sana, saya cerita soal masalah baterai gembung ini. Mas-mas tukang servisnya cuma senyum sambil bilang emang udah waktunya pensiun nih baterainya. Dia jelasin kalau baterai yang gembung itu emang bahaya dan nggak boleh diabaikan. 

Saya nanya, kenapa bisa gembung kayak gitu? Dia bilang, itu biasanya karena baterainya udah overcharge atau udah kepake terlalu lama tanpa perawatan yang bener. Selain itu, bisa juga karena hape ku sering dipake sambil di-charge, yang sebenernya nggak dianjurkan, kayaknya saya jarang mainin hape sambil nge-charge sih..tapi mbuh lah..yang penting hapeku udah balik normal lagi.

Setelah sekitar 15 menit menunggu, baterai lama yang gembung itu akhirnya diganti sama yang baru, rasanya kayak ngasih Si Gembul nyawa baru. Waktu hape nyala lagi, tak perhatiin performanya jauh lebih baik dari sebelumnya. Nggak ada lagi layar macet-macet atau baterai yang cepet habis, oia harga baterai barunya itu 180 ribu rupiah lur.

Hape emang butuh perhatian juga, nggak bisa dipake sembarangan terus-terusan. Sekarang saya udah lebih hati-hati kalau nge-charge hape dan ngecek kondisi baterainya, biar kejadian yang sama nggak terulang. 

Buat kalian yang juga punya hape yang udah berumur, jangan anggap remeh tanda-tanda baterai yang udah mulai bermasalah. Kalau ada gejala-gejala aneh, mending langsung cek deh sebelum terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. 

Itu aja sih cerita tentang Si Gembul yang hampir bikin deg-degan. Sekarang, Si Gembul udah balik normal lagi, siapa bilang hape tua nggak bisa diandalkan? Dengan perawatan yang bener, mereka masih bisa jadi teman setia buat waktu yang lebih lama, nih aku buat postingan ini aja pake hape gembung yang sekarang jadi langsing ini loh 😁.



Salam

Posting Komentar

26 Komentar

  1. Syukur tak terjadi perkara buruk (bateri meledak). Memang menakutkan!

    Bateri memang ada cara penjagaan - selain jangan dipakai ketika charging, charge hanya bila bateri benar-benar tinggal sedikit dan terus off charge apabila full. Jangan dibiar lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdullilah enggak kenapa-kenapa yg berbahaya sis..mungkin saya charge-nya kelamaan atau gimana , jadinya gembung.

      Hapus
  2. HP lama saya dulu pun pakai bateri sampai 4 tahun lepas tu kena tukar sebab hp jadi cepat panas dan bateri cepat habis. Tapi bila versi sistem operasi (OS) hp semakin banyak update, baterinya dah tak mampu menyokong versi OS yang terbaru, jadi hp cepat habis bateri. Mau tak mau, terpaksa tukar hp jugak.

    Kadang-kadang rindu dengan hp zaman Nokia dulu yang baterinya tahan berhari-hari 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..sistem OS kalau makin banyak update batrenya udah gak kuat lagi, mudah-mudahan hape ini masih bisa bertahan..kalo udah gak kuat terpaksa ganti hp baru 🤭, ...iya kangen jaman hp Nokia dulu, awet tahan banting jugak 😁

      Hapus
  3. Bicara soal baterai hp, dulu sebelum aku nonton video youtube yang nerangin masalah hp yang nggak boleh dipakai ketika lagi dicharger, aku sering pakai ketika lagi dicharger, kayak buat ngegame atau youtubean. Alhasil ngaruh ke performa baterai hp yang gampang ngedrop. Setelah itu nggak lagi deh mau makai hp kalau lagi dicharger, pun kalau mau ngecharger hp aku selalu nunggu suhu hpnya biar dingin dulu, baru setelah itu dicharger. Alhamdulillah hpku yang sekarang umurnya udah 3.5 tahunan & baterainya masih aman (belum ngedrop)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sambil nge charge mainin hp atau nonton sih saya jarang banget mas, tapi seringnya emang kelamaan alias over charge, kadang batrenya cuman kelong dikit aja udah saya charge lagi biar full, ternyata malahan gak bagus..sayanya aja yg kerajinan:D

      Hapus
  4. itu tanda tanda bahawa hp baru on the way...
    lariiiiiii🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya laa orang nak pergi jalan jalan kannnn... kenalah guna hp baru. nanti barulah foto 👍👍👍👍👍😁😁

      Hapus
    2. 🤭😁.. mudah-mudahan ya segera terwujud .

      Hapus
  5. paling sy takut hal ni kalau terjadi... letupan laa... sebab kita tak tahu lebih details keadaan hp...
    sebab bateri jugalah sy decide utk guna hp, paling lama 4-5 tahun. sebelum2 ni saya guna 3 tahun sahaja utk 1 hp...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, takutnya kalau meledak, mana di dalamnya banyak yang penting ",kalau sampai kejadian ...aduuh bahaya banget.

      Hapus
  6. Me gustan los telfonos delgados y pequeños. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya...kita harus selalu perhatikan keadaan hp, barangkali ada tanda" yang mulai berubah.

      Hapus
  7. Saya juga udah pernah ganti batre, kasusnya sama, tiba-tiba case belakangnya renggang karena batrenya gembung. Untung nggak kenapa-kenapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya syukurnya juga hape saya gak sampe gimana-gimana, udah lancar lagi nih.

      Hapus
  8. kalau baterei gembung gitu aku cuma takut meledak mbak
    soalnya dulu pernah punya hape qwerty pas udah gembung kayak kecium bau menyengat
    udah deh langsung ganti baterai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...takutnya sampe meledak gitu, luka..trus kebakaran...amit" ya, ni alhamdullilah udah normal lagi.

      Hapus
  9. Bahaya memang kalau baterai menggembung, kalau kata teknisi hp biasanya karena overcharge...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya katanya sih gitu, kayaknya emang saya terlalu over charge saking rajinnya ..hehe

      Hapus
  10. aku pakai 3 hp, yg tertua usianya 7 tahun, tp alhamdulillah sih ga pernah mengalami batre gembung ..palingan jd agak lemot aja krn memang memorynya udh waktunya dikurangi. memang sih pernah denger juga kalo hp sebaiknya jangan dicharge sampai kelewatan, atau dipakai ektika dicharge. sesekali aku masih pakai saat dia dicharge, tp sebatas kirim pesen doang biasanya.. jadi mungkin krn itu juga hp2 ku masih awet semua.

    tapi paling serem kalo pake hp ketika dicharge.. krn aku juga inget kejadian yg meledak hp nya itu mba ;p. jd sebisa mungkin kalo dicharge aku ga bakal pake buat nelpon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih mbak..katanya kalo over charge emang gak bagus, bisa menyebabkan batre jadi gembung, aku sih jarang make hape pas lagi nge-charge,tapi seringnya over charge, baru sisa 60-70 persen udah tak charge lagi sampe full, gitu terus pokonya berulang "..justru gak bagus juga katanya..saking kerajinan wkwkk...

      Hapus