Dompet Disiplin, Nabung Sisa Uang Belanja


Mreneyoo.com
. Biasanya menabung itu jadi satu hal yang kadang susah di lakukan buat beberapa orang, terkendala dengan berbagai alasan, tapi sesulit apapun menabung jadi satu keharusan, mau gak mau jadi prioritas kalau gak mau hari tua jadi merana, menabung bisa dalam bentuk apa saja.

Tapi saya gak mau bahas soal nabung simpanan di bank atau dompet digital, itu mah kalian pasti udah tau sendiri gimana, gak perlu saya bahas di sini dan saya juga bukan pakar keuangan 😁, ini mah tentang nabung sederhana yang bisa di lakukan siapa saja, terutama buat ibu rumah tangga kayak saya yang duitnya selalu tak bersisa.

Nah kebetulan saya iseng buka-buka shopee dan di beranda nongol gambar dompet disiplin, ituloh dompet sederhana yang didalamnya berisi lembaran plastik bening untuk menyisipkan uang, biasanya bentuknya simpel, dari bulan Januari sampai Desember yang terdiri dari beberapa lembar dan kita bisa mencatatnya untuk keperluan atau pos-pos apa saja.

Saya sendiri belum pernah punya, apalagi menggunakan, gak kepikiran juga, sebetulnya dompet disiplin ini gunanya untuk menyisipkan uang alias menabung sederhana, bisa berupa sisa uang belanja bulanan, jadi jika ada sisa uang belanja bisa kalian simpan atau sisipkan di tiap helai / lembarannya, biasanya uang belanja saya suka gak bersisa alias habis gitu aja, entah buat jajan dan sebagainya, biasalah ibu-ibu kalo udah belanja suka kalap dan akhirnya puyeng sendiri pas duit gak bersisa:D

Kali ini saya kepingin menyisipkan sisa uang belanja yang gak seberapa buat di simpan di dompet disiplin ini, walau rupiah gak seberapa yang penting rutin, mana tau akhir tahun terkumpul, minimal ada duit simpanan buat jajan cilok dan jajan di Indomaret wkwkk.

Menabung di dompet disiplin ini mudah dan praktis, konsepnya sama seperti menabung biasa, bedanya di sini menabung sederhana alias menyisakan duit belanja dan nominalnya gak gede, sisa berapapun duit belanja harus di sisipkan dan kita bisa mengatur sesuai kemampuan dan ada catatannya juga.

Namanya aja dompet disiplin, jadi musti disiplin juga donk, percuma kalo gak disiplin, rutin menyisipkan sisa uang dan yang penting mah niatnya, ngapain nabung gede-gede tapi habis terus, biar nominal dikit tapi rutin.

Gimana nih terutama ibu-ibu rumah tangga yang puyeng ngatur duit belanja kayak saya, di tengah kewajiban menabung di bank, dompet digital, nabung emas, deposito, saham, reksadana dan sebagainya, rasanya gak salah juga nyimpen sisa duit belanja di dompet disiplin selain punya simpanan wajib di bank tentunya.

Walau cuman seribu dua ribu, sayang aja kalau habis gitu aja, rasanya gak ada yang mustahil, sebetulnya sih bukan perkara gak sempat, yang penting mah rutin dan disiplin !!



Salam



Posting Komentar

24 Komentar

  1. Saya menabung digital je sebab aplikasi bank ada fungsi Tabung. Setiap bulan akan tolak dari wang simpanan ikut jumlah yang saya letak dan masuk ke dalam tabung ni. Wang dalam tabung ni tak boleh dikeluarkan sampai mencecah jumlah yang saya sudah siap-siap tetapkan. Kiranya macam main kutu tapi penyumbangnya saya seorang 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayapun sama kak, nabung digital aja,lebih aman juga, kalau nabung yang dompet disiplin ini hanya nabung sisa duit belanja dapur,yah dikit-dikit aja seringgit dua Ringgit atau seribu dua ribu 😆

      Hapus
  2. saya ada 2 account bank. 1 untuk gaji 1 untuk personal. duit gaji sy ambil certain amount then transfer ke acc personal. belanja etc guna acc personal. baki dlm acc gaji tu laa akan jd tabungan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayapun gitu sis, ada di bank dan dompet digital, hanya untuk keperluan penting "saja, kalau dompet disiplin ini lebih hanya untuk sisa duit belanja yg gak seberapa, singgit dua ringgit 😁

      Hapus
    2. 😁😁 orang perempuan... tabiatnya samaaaa walaupun negara berbeza😁😁😁

      Hapus
  3. tabungan fizikal then simpan di rumah agak risky. anytime pencuri boleh masuk rumah dan geledah barang2. nanti penat2 simpan duit hilang begitu sahaja. lagi satu banyak saya tengok kat socmed. duit kertas mereka dimakan anai-anai bila disimpan dalam tempoh lama. jd saya tak mahulah benda sebegitu terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, memang resiko kehilangan lebih besar, kalau tabungan / dana yg besar memang baiknya simpan di akun bank saja, kalau ada sisa belanja dapur dari pada tercecer baru taroh di sini, buat jajan.

      Hapus
    2. kan...penat menyimpan then hilang begitu sahaja...
      skrg ramai dah tak guna duit tunai...

      Hapus
    3. Iya sih .tapi di sini penjual di pasar tradisional masih banyak pakai duit fisik.

      Hapus
    4. mereka berani buat begitu sebab msih ada sisa kepercayaan terhadap orang sekeliling

      Hapus
  4. Iyaaa..yang penting niat dan DISIPLIN.
    Tak kira di mana dan bagaimana caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis, berapapun duitnya yang penting simpan ya.

      Hapus
  5. Eeeh jadi keingetaaaan, kemaren tuh produk ini seliweran di linimasa shopee-ku. Tapi aku ragu, mau beli apa ngga. Soalnya yhaa sekarang kan bayar-bayar tuh banyaknya pake digital yaa.
    Tapi boleh sih ini, biar pos pengeluaran jadi lebih tertata rapi, dan kita bisa lebih disiplin keuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...dompet disiplin ini lebih ke gimana mengatur pos-pos keuangan, tapi soal menabung supaya aman sudah pasti orang tau nabungnya di mana, ini mah skala kecil-kecilan,namanya aja dompet, tapi biar lebih tertata rapi aja, bukan buat nyimpen duit dalam porsi gede.

      Hapus
  6. Siempre es bueno ahorrar. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya melatih disiplin, terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  7. this entry opens my mind a looooot! zaty kena mula take it seriously dah kan hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha....jangan terlalu serius Zaty 😁,tapi kalau bisa simpan sisa uangpun ok lah kan

      Hapus
  8. Apa pun di sebalik nabung itu harus ada displin yang tinggi.. Biar sedikit duit ditabung tapi berterusan.. Bila dihujung bulan atau tahun ada jumlah yg kita sendiri tak sangka ia wujud :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah pan..bener bang ..rutin dan disiplin kuncinya.

      Hapus
  9. aku punya dompet seperti itu, gara-gara dulu nontonin youtube tentang mengatur keuangan, akhirnya aku beli juga. Harapannya aku bisa taat sama budget yang aku buat. jadi pas udah gajian, aku coba bikin budget untuk pos pos tertentu di tiap plastik atau wadahnya.
    Ehh lama-lama, aku pernah minjem budget dari pos lain gitu, dan lama-lama udah ga konsisten :D

    BalasHapus
  10. aku rutin mba... biasanya abis dpt duit dari suami, itu yg aku utamain dulu zakat ama tabungan... baru setelah itu dibagi2 ke post yg lain kan..

    nah biasanya uang dapur yg selalu aku sediain cash, tiap akhir bulan pastiii nyisa.. kdg 300 rb, kdg 500 rb... krn memang aku selalu lebihin dari budget utk uang dapur.. takut ada yg mendadak perlu kan.. kalo sisa banyak gini, aku masukin ke tabungan LM ku. ga berasa lama2 jd nambah trus gram nya :D

    BalasHapus