Lomba 17 Agustus kok Sepi



Mreneyoo.com. Belakangan ini panglong sekaligus bengkel tetangga di belakang rumah yang agak jauh, sayup terdengar alunan lagu bernuansa islami, hati rasanya adem dan tenang, Shalallahu alla Muhammad shalallahu alaihi wasallam...🎶 Di putar ulang gitu terus entah sudah berapa kali.

Taunya siangan dikit berubah haluan, nyetel lagu-lagu Indonesia jadul yang suara penyanyinya kenceng dan mekik-mekik aka teriak-teriak 😁 maklum kalo gak salah penyanyi Batak, mereka terkenal punya suara yang power dan melengking untuk nada-nada tinggi, jadi urusan nyanyi mah jangan di tanya lagi.

Lumayan kalo suasana masih pagi di tambah beberapa hari ini selalu mendung dan gerimis, mendengar lagu-lagu yang terdengar sayup-sayup di kejauhan bikin mood jadi sedikit membaik, memang saya lumayan suka musik dan lagu, tapi hobi saya akan musik belakangan justru jarang banget saya lakukan, padahal kepingin banget jadi penyanyi 😆..nyanyi di kamar mandi maksudnya wkwkk.

Hari ini kegiatan saya masih sama seperti hari-hari biasanya, gak ada yang berubah dan sedikit monoton, urusan perdapuran sudah selesai, suasana mendung dan sedikit berangin membuat mata sedikit meredup 😵

Tadi saya barusan saja masak oseng pare dan ayam kuning, rencananya besok-besok pas perayaan hari kemerdekaan RI kepingin buat nasi tumpeng mungil ala-ala saya, ada ayam goreng, nasi tumpeng kuning, urap sayur, sambel kentang dan bakwan jagungnya, mudah-mudahan gak males 😁.

Oiya, di kampung sebelah sudah mulai terdengar suara anak-anak ikutan lomba 17 Agustus-an, tapi di kediaman sekitar saya ada yang beda, sepi-sepi aja, hanya bendera merah-putih yang berkibar di setiap rumah, biasanya menjelang hari kemerdekaan sudah banyak lomba-lomba di laksanakan, tapi tahun ini sepi-sepi aja, gak ada petugas atau panitia yang biasanya datang ke-rumah sekedar minta sumbangan, blas gak ada samasekali, tumben.

Gimana di tempat kalian, ada yang udah sibuk dengan persiapan hari kemerdekaan apa belum, sebetulnya ada atau enggak lomba-lomba 17 Agustus-an ya gak ngaruh juga sih, gak hilang ke-sakralannya itu sendiri, cuman di rasa sepi aja, yang rame justru promo diskon di semua olshop, hapeku justru sering kali ada notif promo ini itu, syukurnya hatiku gak tergoyahkan, alaah bilang aja ga da duit, gak koq, cuman pingin berhemat wkwkk.

Beberapa anak kecil dan remaja yang ikut memeriahkan berbagai lomba, makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, gigit kelereng pake sendok, kali ini gak ada, gak masalah dengan hadiahnya, walau cuman dapat pensil dan buku tulis, tapi anak-anak sudah cukup senang.

Biasanya menjelang 17 Agustus-an gini, ibu-ibu di sekitar kediaman saya udah mulai sibuk persiapan, sibuk keliling nagih sumbangan, tapi kali ini gak terdengar hiruk pikuk sama sekali, entahlah, cukup sepi, mudah-mudahan arti dari hari kemerdekaan gak akan pernah hilang, tetap bersemayam di dalam jiwa dan raga dan terus tumbuh dalam hati sanubari selamanya....walau gak ada lomba-lomba gak bikin melempem yaa, semangat tetap menyala....merdeka !!! 💪.

Posting Komentar

22 Komentar

  1. Di Malaysia pun sama, tak terasa kemeriahan nak menyambut Hari Kemerdekaan hujung bulan ini. Di kondominium tempat saya tinggal ni cuma gantung bendera Malaysia je, takde pulak aktiviti-aktiviti yang biasanya pengurusan kondo anjurkan macam hari-hari perayaan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama saja..di sekitar rumah gak ada kegiatan, di kampung sebelah justru meriah, gak sepi kayak di sini.

      Hapus
  2. kat sini biasa je. kalau part gantung bendera tu, rasanya start awal ogos kerajaan dah seru rakyat untuk pasang bendera... saya tak ada terlibat dengan apa2 event berkaitan smabutan kemerdekaan. cuma plan je sama ada nak pergi tonton atau sebaliknya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tiap tahun selalu ada perayaan hari kemerdekaan antar kampung/desa/wilayah kota, tapi tahun ini di perumahan sekitar saya gak ada perayaan apapun, di kampung sebelah terdengar ramai perayaan.

      Hapus
  3. kalau di kampung saya baru aja diadain lomba 17an hari sabtu kemarin mbak, tapi lomba tahun ini cuma ada buat kategori anak-anak aja dari mulai playgroup sampai smp, beda sama tahun kemarin yang ada lomba buat bapak-bapak sama ibu-ibunya, yah walaupun begitu suasanannya tetap terasa seru, apalagi ngeliat tingkah anak-anak yang pada ikutan lomba, lucu-lucu, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini tumben sepi mas...biasanya tahun' yang lewat selalu ramai dan meriah, kebanyakan anak-anak yang ikut berbagai lomba walau hadiah seadanya tapi mereka sudah cukup senang.

      Hapus
  4. biasanya sumbangan apa yang dapat tu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumbangan berbentuk dana/uang, biasanya ada panitia atau remaja/ ibu-ibu yang datang ke-rumah warga, dan warga akan menyumbang semampunya, nanti dana yg terkumpul di gunakan untuk perayaan dan hadiah buat peserta lomba.

      Hapus
  5. di tempatku sama masih sepi mbak, jarang sds lomba 17 san malah :D, kalo dulu ya waktu kecil dering ikut dan bikin lomba 17san kecil-kecilan, sekarang udah gede malah jarang ikut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tempat saya ada mas Khanif,tapi tumben tahun ini sepi,gak ada yang nagih sumbangan hehe.

      Hapus
  6. Es un bello sentimiento. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ya ....tetap semangat dan bahagia selalu 🙏

      Hapus
  7. Di daerah saya juga sepi. Bukan enggak mau merayakan sih dari Desanya, tapi kebetulan di Septembernya ada acara Ulang Tahun Desa, jadi meriahnya dipindah ke acara Ultah itu. Agustusan cukup puas liat upacara bendera di TV aja, Mbak, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada anggaran nya dobel-dobel dan mubazir ya mas, yang penting mah pas hari H bisa meriah.

      Hapus
  8. Kalo di tempat kami, hari Sabtu kemarin diadakan jalan sehat bersama warga, setelah itu ada lomba untuk anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak. Lumayan seru dan rame.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak...biasanya kalau ada lomba-lomba pasti seru dan meriah, walau hadiah gak seberapa yang penting kebersamaannya.

      Hapus
  9. di malaysia pun sama. tapi abah zaty suka aktiviti-aktiviti macam ni and he will surely join. maybe banyak faktor yang boleh dikaji why society sekarang macam tak ada semangat. hmmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tahun ini tempat saya nampak sepi -sepi saja...ga meriah gak ada pesta kemerdekaan.

      Hapus
  10. Erti kemerdekaan itu mungkin sudah kurang dihayati oleh generasi baru dan makin lama makin kurang disambut kerna tiada lagi yg menghayati.. Moga aja ia sentiasa dihayati oleh semua org..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin....yang penting tetap di hati ya bang, gak harus selalu perayaannya .

      Hapus
  11. jadi inget kalau beberapa waktu lalu, pak RT di rumahku keliling ke rumah-rumah buat menjual kupon jalan sehat.
    kalau lomba-lomba di rumahku masih ada, mayan buat hiburan bapak bapak ibu ibu dan anak-anak, buat seru seruan aja

    BalasHapus
  12. Masih rame kalo lingkungan ku mba... banyak lomba.. dulu anak2 sering ikut.. tp udah gedean gini dah emoh mereka ;p. kemarin aku denger lomba quiz2 nya... ada pertanyaan kota paling barat di indonesia.. trus dijawab manokwari wkwkwkwkwwkkwkw

    aku gemeeees. pengen tak datangin, trus jawab, sabaaaang woooi yg paling barat ;p

    BalasHapus