Kue Ketimus Singkong

kue ketimus singkong


Mreneyoo.com. Siapa yang enggak tau tanaman singkong/ ketela pohon/ cassava ini, sebagian besar masyarakat di pedesaan biasanya menanam singkong di pekarangan atau kebun untuk di konsumsi sendiri atau di jual.

Tanaman singkong termasuk mudah di tanam dan singkong bahkan bisa tumbuh di lahan yang agak kering, walaupun mungkin hasilnya gak bagus dan besar.


singkong/ketela/cassava

Biasanya singkong di buat menjadi tepung atau di olah begitu saja secara tradisional, banyak hasil olahan dari singkong yang bisa kita temui, biasanya sebagai cemilan, keripik singkong, getuk, ketimus, combro dan sebagainya.

Singkong yang bagus biasanya rasanya cukup gurih dan mempur / lembut dan di beberapa daerah pedesaan singkong di jadikan sebagai makanan pokok pengganti beras berupa tiwul dan gaplek.

Kali ini saya mau buat olahan sederhana dari singkong, berhubung saya dapat kiriman satu kresek singkong, dua pertiga saya kasih ke tetangga ada dua orang dan sisanya saya buat olahan alias cemilan.

- kue sengkulun ubi ungu.

- Coto Makassar Baba Hengki.

- Nasi tutug oncom, resep & cara membuatnya.

Nama kue tradisional yang saya buat ini berbeda-beda di tiap daerah, ada yang menyebut ketimus atau lemet, barangkali anak-anak sekarang udah jarang bahkan hampir gak pernah dengar namanya, iya makanan tradisional ini biasa di buat untuk cemilan dan menggunakan daun pisang untuk membungkusnya.

Bahan & resep kue Ketimus Singkong :

-1 kg singkong di parut setelah di cuci.

-1/2 butir kelapa agak muda di parut.

- 250 gr gula merah di sisir / di hancurkan.

- 4 sendok makan gula pasir.

-1/2 sendok teh garam.

- daun pisang.

Cara membuat :

Semua bahan utama singkong dan kelapa parut di campur dengan gula merah dan gula pasir juga garamnya, aduk jadi satu dan tercampur rata, bungkus satu persatu dengan daun pisang hingga adonan habis.

Kukus kue di atas api sedang sekitar tiga puluh menit, jika sudah matang, angkat dan dinginkan, sajikan kue ketimus singkong nya, rasa kue ini manis dan gurih, selamat mencoba.

Posting Komentar

30 Komentar

  1. baru linda tahu singkong tu ubi kayu ...
    kuih nya nie, ibarat lepat juga lah ya?linda suka, tapi malas nk olah nya... hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..ubi kayu juga namanya..memang mirip lepat ...saya parut/haluskan sampe tangan pegal semua 😆

      Hapus
  2. Mesti sedap kuih ni. Ala-ala lepat ubi kalau di Malaysia cuma tak pakai kelapa parut tapi santan.

    BalasHapus
  3. Saya kalau di kampung masa kecil dulu.. ubi/singkong direbus sehingga lembut.. di makan sama kelapa parut yg dikukus sama sedikit garam dan gula.. ada juga makan sama sambal ikan bilis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka tuh singkong rebus pake kelapa parut..gurih..sedeep

      Hapus
  4. Ini nih salah satu kue kesukaanku mbak 😀

    BalasHapus
  5. Me recuerdan a los tamales de mi pais. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin hampir sama bahan atau cara membuatnya.

      Hapus
  6. Balasan
    1. Sepertinya sama ya..hanya beda di nama saja😀

      Hapus
  7. wah ini kalau di daerah saya namanya 'utri' mbak, enak banget rasanya, cocok juga buat temen ngopi atau teh, dulu waktu saya masih kecil sering dibuatin kue ini sama almarhumah ibu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama kuenya bagus amat kayak nama orang 😀,emang cocok kalo sambil ngeteh atau ngopi...iya ini juga kue jadul..dulu nenek sering buatin.

      Hapus
  8. saya sih sukanya keripik singkong,
    apalagi yang asin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kebanyakan makan yg asin"mas :D..tapi keripik singkong emng enak si.

      Hapus
  9. Enak ini kalo dimakan pas di suasana musim ujan... 😋
    Sambil ditemani secangkir kopi, setoples kripik, semangkuk mie ayam...
    😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu mah bukan enak lagi..tapi ke enakan wkwkk

      Hapus
  10. aku suka singkong kau suka keju ah ah ah🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  11. sekali pandang sama macam lepat ubi. sedap makan panas2 di wakgu petang..

    BalasHapus
  12. Aku juga suka ketimus mbak, tapi jarang bikin sendiri, sukanya beli di pasar, 2000 dapat 3. Ternyata bikinnya gampang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jarang bikin juga mas...ini kebetulan di kasih singkong, eh pas sekalinya bikin , pas marut singkong, malemnya tangan pada pegel/jemper semua 😆

      Hapus
  13. dulu pas asistenku yg jago masak msh ada, dia pernah bikin ketimus, aku sukaaaaaa.

    orangnya udh resign aku ga pernah bikin sendiri. tapi kalo liat resep kayaknya ga susah2 amat ya mba.. cuma cari daun pisangnya ini hahahahaha.. eh kalo di bikin dalam loyang aja, ga usah bungkus daun, sebenernya bisa ga sih? aku tuh males bungkusnya.. pasti berantakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa koq mbak kalo mau kukus langsung pake loyang, lebih praktis juga .cuman aku sengaja pake daun pisang karena di belakang rumah tetangga ada daun pisang😀

      Hapus
  14. kalo di jawa ini namanya apa aku lupa :D.., tapi alu sering makan ini mbak, enak memang dan manis karna ada gulanya :D

    BalasHapus
  15. oalahh jadi ketimus ini adalah lemet ya. Kalau di daerahku disebut lemet, makanya aku baru denger ada yang nyebut ketimus.
    sekarang udah jarang nemuin mbak, mungkin kalau ke pasar ada, cuman ga selalu. Entah kenapa jajanan sekarang nggak kayak dulu, orang jualan lemet aja ada yang dijajakan sambil jalan kaki, kalau sekarang ga pernah nemuin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...Podo ae hehe..emang udah jarang juga ada yang jual, kebetulan ada yang ngasih singkong, aku buat deh si lemet ini dengan perjuangan yang keras wkwkk.

      Hapus