Memaafkan vs Melupakan: Mana yang Bikin Hati Lebih Tenang?


Mreneyoo.com. Ngomongin masa laluyang namanya manusia pastilah punya dan tak lepas dari masa lalu, kebanyakan sih masa lalu yang pahit dan getir...hikss dan apesnya lagi masa lalu terkadang masih terus membekas dan gak jarang ikut terkait dengan keadaan di masa sekarang, seakan enggan menjauh.

Masa lalu yang pahit emang berat banget buat dihadapi. Kalau soal harus memaafkan tanpa dendam atau melupakan aja, sebenernya balik lagi ke diri masing-masing, terus kudu gimana, kadang dalam hati sudah mulai memaafkan, tapi koq rasanya berat amat, apalagi kalo kembali nginget sesuatu, kayak berasa ada yang ganjel di hati.

Memaafkan tanpa dendam, ini kayak nge-release beban di hati. Memaafkan bukan berarti setuju sama apa yang udah terjadi, salah ya tetep aja salah, tapi lebih ke ngasih diri mu kesempatan buat bangkit.

Dengan memaafkan, kita lebih gampang buat lepas dari rasa sakit dan fokus ke masa depan tanpa terjebak di masalah yang sama terus menerus, capek pake banget pan !

Terus gimana kalau melupakan begitu aja, nah ini lebih tricky, karena biasanya hal-hal yang bikin sakit hati itu susah dilupain. Kadang malah makin dipendem, makin nyesek di belakang. 

Jadi, daripada maksain buat lupa, mending diproses dulu perasaan itu sampai kita bisa nerima dan berdamai sama kejadian itu. Intinya, kita nggak harus lupa, tapi bisa belajar dari masa lalu sambil tetap fokus ke masa depan. Memaafkan bakal bikin hidup lebih damai daripada cuma nyoba buat ngelupain semuanya gitu aja.

Memaafkan itu bukan buat mereka, tapi buat diri kita sendiri, biar kamu bisa jalan terus tanpa bawa beban masa lalu.

Kita nggak bisa kontrol apa yang udah terjadi, tapi kita punya kekuatan buat kontrol gimana merespon dan ngadepin ke depannya.

Waktu emang nggak bisa balikin yang udah berlalu, tapi kita selalu punya pilihan buat masa depan yang lebih baik. Rasa sakit itu memang nyata, tapi gimana kita sembuh dan bangkit itu sepenuhnya ada di tangan kita sendiri.



Salam

Posting Komentar

30 Komentar

  1. kedua2 nya bagus tapi amat payah utk dilaksana kan.. kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul si MA....apalagi kalau sudah teramat sangat menyakitkan, rasanya yg ada cuman dendam..😔tapi sekali lagi walau susah mau gak mau harus memilih supaya kita lebih tenang.

      Hapus
  2. sy tak boleh tipu diri sendiri. sy boleh maafkan tapi.. untuk lupakan agak sukar. kadang dah bertahun2 perkara tu berlaku. bila terjadi hal sama buat sy teringat semula hal perit tu. lepas tu mula laa over thinking...haihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja sih..saya juga gitu, untuk yg amat menyakitkan,butuh waktu lama untuk memaafkan apalagi melupakan,rasanya gak mungkin, tapi kalo kita gak mau berubah, makin lama terasa sakitnya 😔

      Hapus
    2. ada kala dalam doa sy minta Allah lenyapkan terus rasa sakit hati. selagi ada rasa tu, sy rasa macam.lagi sukar untuk sy lupakan...

      Hapus
    3. Bener sis....rasanya tu sakit banget ya kalo inget lagi....amiin semoga di beri kelapangan hati🤲

      Hapus
  3. situasi setiap perkara tu mungkin berbeza bagi setiap orang. contoh, mangsa ragut. dia mungkin boleh maafkan pelaku tapi trauma ketika diragut (mungkin cedera) sukar untuk dia lupakan. apatah lagi kalau kejadian tu mungkin hampir meragut nyawanya...

    setiap situasi memainkan peranan berbeza utk setiap orang. lagi sukar, perit etc mungkin lagi sukar untuk dumaafkan dan dilupakan...

    BalasHapus
  4. Iya sis....untuk beberapa kasus atau peristiwa kejahatan misalnya, rasanya gak cukup sekedar memaafkan,apalagi susah untuk melupakan peristiwanya,yang ada dendam, butuh support untuk orang"yg mengalami kejadian gak enak, tapi sekali lagi gak boleh terlena terlalu lama, walau sakitnya masih membekas setidaknya ada keinginan dari dalam diri buat sembuh dari masa lalu.

    BalasHapus
  5. Memaafkan boleh, tapi melupakan itu urusan lain. Jangan sampai sifat pemaaf kita justru jadi celah bagi orang lain melakukan kesalahan kepada kita bertubi-tubi.

    Aku tuh orangnya penanda mbak. Jadi meskipun hati sudah berdamai dan memaafkan, namun selalu ada upaya untuk menjaga agar keburukan atau gesekan di masa lampau tidak terjadi lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...kadang maaf aja masih ada rasa gimana gitu ya..tapi seenggaknya dengan memaafkan diri sendiri dan orang yang udah jahat ke kita itu ada rasa yang luar biasa, barangkali gak langsung seketika lega, tapi perlahan kita mulai menerima keadaan....nah yg susah itu melupakan..soalnya gimanapun juga sesuatu yg gak enak itu justru susah hilang,namanya aja terekam di memori kita ya.

      Hapus
  6. Sampai sekarang tidak bisa melupankan

    BalasHapus
  7. Berarti lebih baik memaafkan ya mbak daripada melupakan, karena kalo melupakan bisa saja suatu saat ingat kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya lebih lega aja sih mas...memaafkan lebih bikin plong hati..kalo lupa kayaknya susah

      Hapus
    2. Berarti lebih baik memaafkan ya mbak.

      Maafkan aku sering telat komentar disini.😂

      Hapus
    3. Nah pan..saya maapin....lega rasanya... wkwkk

      Hapus
  8. Memaafkan...Lebih tenang.. Selagi Otak berfungsi dengan baik, susah nak betul betul melupakan ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sis..memaafkan itu jauh lebih tenang...kalo lupa kayaknya gaak

      Hapus
  9. Uno siempre debe tratar de superar el pasado. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...kita harus bisa mengatasi masalalu...harus itu

      Hapus
  10. Iya…kita memaafkan supaya diri sendiri rasa tenang.

    Tak perlu melupakan kerana ia memang hal yang terjadi. Tetapi belajarlah menerimanya sebagai sebahagian dari pahit manis kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sis dengan memaafkan hati jauh lebih tenang, melupakan rasanya mustahil karena akan selalu terekam di memori kita.

      Hapus
  11. mmg sukar kedua nya tp bila nak tenang kena maafkan tetapi nk lupakan tu agak sukar pasti teringat2 juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih ke memaafkan saja supaya hati lebih tenang.

      Hapus
  12. Betul... bila kita pilih untuk memaafkan, ianya lebih kepada untuk kita sendiri supaya boleh move on dan tenang fikiran dan emosi. Yang susah tu ialah melupakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak...supaya lebih mudah move on aja dan batin jadi lebih tenang.

      Hapus
  13. Memaafkan lebih mudah daripada melupakan. Tapi perlu move on jadi kena cuba memaafkan dan melupakan. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..tujuannya supaya bisa move on, salam kenal juga.

      Hapus