Menyusuri Kawasan Glodok Pancoran, China Town Jakarta


Mreneyoo.com. Sudah cukup lama gak nyetor cerita soal jalan dan makan, mumpung masih tersimpan di draft baiknya saya posting aja, udah kelamaan di simpan, takutnya gak jadi lagi, ini adalah pengalaman pertama saya main ke wilayah Glodok, dulu-dulu main hanya sampe kawasan ke Kota Tua aja, tapi nggak pernah sampe ke kawasan Glodok Pancoran, apalagi sampe ke China Town-nya, padahal gak jauh-jauh amat.

Sudah sering denger cerita kawasan ChinaTown ini dari beberapa sumber atau nonton di YouTube, tapi enggak tau kayak gimana sih tempatnya. Pas libur tiga hari September yang lewat kami nyempetin ke sana, pingin tau kayak apa sih kawasan Glodok Pancoran ini atau yang lebih di kenal dengan China Town nya Jakarta.

Pas sampe sana sekitar pukul 10 lewat, cuaca cukup panas menyengat dan macet, karena jalan menuju ke sana sedang ada perbaikan, tapi nyampe juga, dan kami bertiga langsung turun dari mobil dan jalan kaki dari pintu gerbang utamanya.

Yang pertama kali terlihat di kawasan ini memang banyak terdapat bangunan tua yang masih tetap di pakai, terlebih gang yang kami susuri dan di area trotoar masih banyak toko-toko tua yang menjual beraneka ragam jualan, mulai dari peralatan rumah tangga, pernik-pernik khas China dan toko-toko obat yang tulisannya pun masih memakai huruf kanji, ada jualan kue bulan, pokoknya macam-macam deh.




Memasuki salah satu gang kentara sekali khas China Town nya, saat menapaki gang di kanan dan kirinya banyak pedagang yang juga menjual beraneka ragam makanan, tapi emang harus pinter-pinter aja sih cari makanan yang halal kalo udah di sini.



Saya jadi seolah-olah sedang berada di negara tirai bambu beneran, padahal belum pernah samasekali kesana wkwkk, soalnya pas jalan dan menyusuri gang, banyak warga Tionghoa, ya iyalah namanya aja China Town 🤦, mulai dari encim dan engkoh, maaf kalo saya salah ya 🙏😬, jadi serasa terbawa suasananya, banyak lampion bergantungan di sepanjang gang, hiruk pikuk antar sesama pedagang yang membaur jadi satu.


Djauw Coffee


Berhubung tujuan utama ke sini adalah untuk icip-icip kuliner, pas masuk ke salah satu gang, ada satu tempat yang seperti nya kedai kopi gitu, di pintu masuknya aja tertulis Djauw Coffee dan tulisan diatasnya masih berupa huruf kanji.

Bagian dalam gedungnya sudah cukup tua tapi masih kokoh, ada dua tingkat, dan kami pilih di lantai bawah, ruangan emang enggak gede, hanya cukup menampung sekitar tiga buah meja dan beberapa kursi, pada dindingnya terdapat beberapa foto  yang di pajang, beberapa gambar suasana kota Jakarta tempo dulu di kawasan ini, tapi enggak saya ambil gambar foto di dinding karena cukup kecil.


Buah lontar


Sebelum masuk gang saya sempet makan buah lontar, agak mirip kolang kaling tapi bukan, buahnya cukup besar, kulitnya berwarna gelap dan isinya berwarna putih yang mirip kolang kaling dan rasanya juga agak-agak mirip dan lembut kalau di gigit, satu plastik isi sekitar delapan atau sepuluh biji dihargai dua puluh lima ribu rupiah aja, yang penting saya udah pernah ngerasain.




Lanjut masuk ke Djauw Coffee, kami pesen lontong sayur dan semangkuk burjo, segelas kopi gula aren dan kopi hitam khas kedai kopi ini, kalo gak salah namanya Kalita Drip, enggak tau artinya apa hehe....di sini juga ada kopi tubruk dan kopi pantjoran, masih menggunakan ejaan lama.

Emang sengaja gak beli banyak, soalnya dari rumah udah keburu sarapan dan masih kenyang, jadi di sini cuman icip-icip aja, tapi rasa lontong sayurnya enak dan pas, gurihnya pas, cuman sayangnya gak ada sambel, pas di tanya sama mbaknya dia bilang emang gak menyediakan sambel, padahal kalo pake sambel makin nampol, maklum saya penyuka pedas.

Selesai icip-icip, kami lanjut lagi masuk kedalam sebuah bangunan yang tertulis Petak Enam, kalo gak salah ini kawasan kuliner gitu, dan ternyata emang bener, pas masuk ke gedungnya semuanya serba kulineran...kayaknya ini gedung baru atau gedung lama yang di perbarui,.. entahlah, kayaknya sih gedung baru untuk menampung pedagang dan pengunjung.









Gedungnya cukup besar dan bagus, megah dan tinggi, jadi kayak aula gitu, di lantai bawah penuh dengan meja dan kursi untuk tempat makan dan bagian sisi kiri kanannya pedagang makanan, meja kursi hampir full semua, soalnya itu pan hari Sabtu, sedang di lantai dua juga ada beberapa kafe, bentuknya lebih kecil, kafenya mengelilingi bagian atas gedung, jadi berbentuk lingkaran, nah buat spot foto cantik dan unik.




Tapi sekali lagi kalo mau makan di Petak Enam, sebaiknya kita tanya dulu sebelum pesen makanan, halal atau enggaknya yak.

Di sini kami sempet icip-icip cempedak gorengnya cik Lina, udah cukup lama dia jualan, sejak tahun 1997, cukup terkenal juga, soalnya pas googling jenis cemilan, namanya nongol.


Choipan

Cempedak goreng

Ya namanya aja cempedak, udah pasti rasanya enak dan harum, walau saya jarang makan cempedak, pas ketemu cempedak goreng, rasanya tuh nikmat, harum, manis dan lembut berpadu ama kriuk-kriuk tepungnya, pesen dua bungkus dan ludes.

Terus mata saya jelalatan cari kira-kira cemilan apa lagi ya...dan ternyata di salah satu gerobak yang agak mojok ada salah satu makanan khas Kalimantan yang saya incer, kalo di Lampung agak susah nyarinya bahkan hampir gak ada, namanya Choipan, foto yg atas .

Terbuat dari tepung beras deh kayaknya, dan isinya terdiri dari serutan bengkoang yang di tumis bersama ebi alias udang kering, jadi rasanya lembut dan gurih, mana ebinya cukup banyak dan gede-gede lagi, trus di atas choipan nya di taburi minyak bawang putih goreng, kuahnya berwarna oren, rasanya asam dan manis sedikit pedas, pokoknya enyak-enyak, dan harganya juga gak mahal, isi lima cuman bayar dua puluh lima ribu doang, padahal rasanya maknyoos 😁👍, ah saya beruntung bisa kesampaian nyicipin si choipan ini.

Berhubung perut udah mulai kenyang, kami memutuskan untuk keluar dari kawasan Petak Enam, dan sempet belanja perintilan di sepanjang trotoar, sampe kepikiran beli kuali segala wkwkwk, kualinya bagus loh bahannya tebel dan kokoh, saya aja simpen di koper soalnya ukurannya imut 😆. 

Ndalalah mbak ku perutnya mules, larilah dia ke salah satu pusat perbelanjaan di seberang Petak Sembilan numpang nyetor, sementara saya berdua adik ngadem di dalam, gak terasa muter-muter, kaki lumayan pegel menyusuri kawasan China Town, di tambah lagi siang itu cuaca cukup terik.

Kami memutuskan untuk masuk kedalam mobil dan menuju salah satu pusat perbelanjaan di daerah Kelapa Gading di kawasan Jakarta Utara, soalnya agak sorean udah ada rencana mau ke PIK dua, biar gak panas, jadi numpang ngadem lagi di dalem.. kebiasaan...hehe.





Posting Komentar

7 Komentar

  1. Pengalaman yang menarik, dapat mengenal budaya yang berbeza.

    BalasHapus
  2. Baru kemarin banget nonton di berita ada yg bahas China Town ini, kalo dulu cukup sepi sekarang jadi rame krna ada tempat foto dan belanjanya. Di berita kurang puas krna ya namanya aja berita pasti intinya aja. Nah ini baru puas hehe sampek ke detail camilan dan makanan yg dibeli pun ada... Btw aku yg penasaran malah buah lontar loh, kak. Terus cempedak goreng itu kesukaanku hihii soalnya kalo mudik pas musim cempedak sering bkin cempedak goreng

    BalasHapus
  3. Jakarta terkenal dengan macetnya.
    Kalau berkunjung ke sini perlu beberapa hari untuk meronda-ronda.
    Makanannya... enak-enak belaka.

    BalasHapus
  4. Aku pernah ke Glodok tapi belum pernah ke Chinatown nya mbak. Dulu ke Glodok karena pusatnya barang elektronik, jadi kadang beli tivi, kalo di Glodok ga ada biasanya ke mangga dua.

    Cempedak di goreng mungkin mirip nangka goreng kali ya

    BalasHapus
  5. kalau time chinese new year sy confirm tempat ni tentu crowded!

    BalasHapus
  6. buah lontar tu kami panggil kelapa laut. selalu minum time bulan puasa. sedapnyaaaa berbuka dengan iar kelapa laut sejuk2😁

    BalasHapus
  7. Es un lindo lugar. Te mando un beso.

    BalasHapus