Teman tapi Musuh


Mreneyoo.com
. Sudah jatuh tertimpa tangga...sakiit beut..gitulah yang sedang saya rasakan, emang gak enak..tapi akhirnya saya merasakan juga.. koq apesnya berturut-turut.

Kalau di bilang membuka aib seseorang, barangkali iya, tapi saya kan gak sebutin namanya, ini adalah cerita yang sedang saya alami, mana tau ada di antara pembaca yang ngalamin atau pernah ngalamin kayak saya ? ...memangnya ada apa min ?

Ceritanya gini....saya punya temen, eh males rasanya kalo saya panggil temen, dulu mungkin iya, sekarang saya kasih julukan bunga  "bunga bangke" aja, kayaknya lebih cocok, jahat amat min....lah..lebih jahat dia dari pada saya, saya mah cuman ngasih julukan sesuai dengan kelakuan dia sendiri koq...lama-lama ke-cium bau kejahatannya.

Saya pernah berteman dengan si bunga bangke ini hampir lima tahun lamanya, tapi kelamaan hubungan pertemanan kita pasang surut dan  renggang, karena ni orang banyak songeh alias banyak tingkah. Selama berteman kayaknya banyak dukanya dari pada sukanya, kebanyakan saya yang kebagian apesnya, lah koq bisa ?

Iya...si bunga bangke ini kerap minjem duit ama saya, sebetulnya saya udah ogah gak mau minjemin dia duit lagi, soalnya keseringan gitu, sampe akhirnya karena sesuatu dan lain hal, pertemanan kita merenggang, tapi sebagai teman yang baik, saya berusaha menolong sebisa saya, apalagi mulutnya manis sekali, kadang saya jadi gak tega sama dia, tapi dianya tega sama saya..hikss.

Beberapa kali kejadian yang sama berulang terus, banyak bingiit alesan dia, buat bantu ini itulah, buat bantu ortu, dan sebagainya, akhirnya saya yang kayak kesirep apa emang oon, saya bantuin dia doonk, namanya aja orang lagi kesusahan.

Terakhir, tiga bulan silam dia pinjem duit lagi ke saya, alasannya gak perlu saya tulis di sini ya, okelah..semula saya udah ogah banget ngebantu dia, tapi karena dia terus mendesak dan berjanji bakalan nyicil pinjeman, akhirnya si mimin yang bego ini meng-iya kan.

Pokoknya janji dia semanis madu, tapi buktinya zonk...pait bagaikan empedu, dia sampe pake ngucap demi Allah segala janjinya mau ngebalikin duit pinjemannya,...nanti aku angsur 4 kali deh..aku gak mau lama-lama, ujar dia saat itu, aku pikir siapa tau emang dia udah berubah jadi ibu peri, ternyata berubah jadi uler keket.

Yo wes..akhirnya saya kasih dia bantuan untuk yang terakhir kalinya, saya udah pesen dan wanti-wanti banget ke dia supaya pegang janjinya, dan dia dengan lantangnya menjawab..janji...pret !!

Angsuran pertama sih emang dia cicil ya..tapi angsuran ke dua dia bilang ke saya gak bisa cicil dulu, soalnya buat bantu ortunya, saya udah sedikit gedek, dia lupa dengan janji-janji kampanye di awal.

Okelah..saya bisa bersabar, sebulan berlalu, nah tanggal 30 September kemarin harusnya dia udah bayar cicilan dia buat yang kedua kalinya, pan udah terima gaji, harusnya ini cicilan ke tiga loh, tapi yang ke dua bulan Agustus aja dia ingkari.

Seminggu sebelum jatuh tempo, saya udah pesen ke dia melalui WhatsApp, sekedar mengingatkan, tapi gak ada balasan...ok barangkali dia sibuk..saya masih berbaik sangka.

Sampai akhirnya tepat di tanggal 30 ini harusnya dia bayar cicilan dia, di tunggu-tunggu koq ga ada transferan masuk, saya cek tapi nol putul....marah  campur dongkol donk saya, sampe ke ubun-ubun rasanya 😡.

Saya hubungi lewat telfon, gak di angkat-angkat, saya chat lewat WhatsApp gitu juga, boro-boro mau angkat telfon, wong pesan saya aja cuman conteng satu 🙄,oia dia gak satu kota dengan saya.

Saya masih bersabar, tapi kesabaran saya juga ada batasnya, nih orang emang ngelunjak, udah gak bener, saya gak bisa ngapa-ngapain, semua cara udah saya lakuin, wa saya gak juga di bales, di blokir kayaknya, nelpon apalagi : D, tetap gak ada respon, sangking gedek dan gregetan, saya sampe kirim email ke dia, entahlah apakah email saya masuk dan dia baca atau justru masuk ke spam...

Akhirnya karena semua cara saya gak membuahkan hasil, saya jadi mikir, ni orang gak ada niat baik, saya sampe pesen gini di emailnya : kalau memang gak sanggup bayar mbok terus terang aja, saya juga bakalan ngerti koq, tapi jangan ngilang dan ngumpet kayak gini.

Saya berasa jadi satpam komplek yang mau nangkep maling, tapi malingnya pinter ngumpet dan kabur entah kemana, saya jadi berasa seperti debt collector juga,...aduuh.. kenapa yang punya utang lebih pintar berkelit dari yang ngutangin 🤦.

Makanya ada alasan saya mundur atau detoks medsos dulu, soalnya kalo pas kebetulan liat medsos dia, yang ada saya kepingin gumoh, gaya udah kayak foto model, tapi gak sadar diri, syukurnya saya gak ngoceh-ngoceh di akun dia, masih waras koq saya, walau gedek setengah mati.

Berhubung saya udah capek ngadepin si bunga bangke ini, sumpah capek lahir batin, akhirnya jalan terakhir saya adalah memasrahkan semuanya pada Allah SWT, biarlah ini jadi pelajaran berharga buat saya untuk gak terlalu gampang iba dan terlalu percaya pada orang dekat, walau gak semua orang dekat kayak gini ya..ini sih oknum aja, ngaku-ngaku temen baik, nyatanya musuh dalam selimut.

Cukup Allah saja yang membalas semuanya, saya harus fokus memperbaiki diri aja, sudah cukup rasanya saya di permainkan kayak gini, kesehatan mental saya jauh lebih berharga, rezeki bisa di cari, tapi kesehatan mental jangan sampe terganggu, jangan sampe ketemu orang kayak gini lagi...udah cukup menguras energi ngadepin kelakuannya... amit-amit...saya cuman mau hidup lebih tenang aja... Astaghfirullah, cuman bisa ngelus dada.




Posting Komentar

25 Komentar

  1. Kayaknya judulnya yang pas bukan Teman Tapi Musuh, tapi, Teman Jadi Musuh.

    Masalah utang memang bikin kesel tujuh dunia. Mau ikhlasin sayang, mau ditagih yang ditagih kayak siluman. Mungkin jalan satu-satunya kirimin rudal kali ya biar yang punya utang mikir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya ya..harusnya teman jadi musuh hehe...iya mas...urusan uang apalagi utang emang sensitif, sampe capek banget rasanya gak beres"..akhirnya saya nyerahlah...serahin aja sama yg di atas.

      Hapus
    2. Serahin aja sama yang diatas.

      Maksudnya cicak di genteng mbak? 😁

      🏃💨💨

      Hapus
    3. Wkwkk....mas Agus mah aya" waek

      Hapus
    4. Bukan cicak di genteng tapi si Jaey yang lagi nyari sinyal, Mas..wkwkwk

      Hapus
  2. Waduh, jangan-jangan itu yang kemarin di WhatsApp ngga balas balas ya mbak. Teman lama ketemuan lagi ngobrol akrab tapi ujungnya "biar silaturahmi tidak putus pinjam dulu seratus." 🤣

    Kalo aku misalnya sudah dipinjamkan duit lalu ngga beres sudah aku skip. Misalnya mau pinjam lagi aku kasih yang sekiranya bisa kita ikhlaskan.

    Misalnya pinjam sejuta, paling aku kasih 100 ribu, apapun alasannya, bayar Alhamdulillah ngga bayar ya terserah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mas...itu mah sahabat lama saya ...emang sampe sekarang juga belom ada kabarnya..ya udahlah biar aja..mungkin juga dia lagi butuh menyendiri.

      Yang ini lain lagi..emng saya orangnya serba gak enakan sih..mo nolak koq sungkan gitu.. ujung-ujungnya saya sendiri yg kelimpungan, dianya mah barangkali senyum "dari jauh..jahat banget pan...

      Hapus
    2. Oh beda orang ya, maaf ngga tahu.🙏

      Emang ngga enakan kenapa mbak, apa pernah dia nolongin mbak? 🤔

      Hapus
    3. Boro-boro mas dia nolongin....bukan itung-itung ya....tapi emang kenyataannya gitu..aku emang orangnya susah bilang enggak..sungkan..malah susah sendiri jadinya 🙄

      Hapus
    4. Sama kayak saya dong, saya juga orangnya ngga enakan, Mbak Hen. Ngga enak kalau ngga ngutang, ngga enak kalau ngga nyusahin, ngga enak kalau ngebohongin, ngga kalau ngga ngebully dan ngga enak yang lainnya..wkwkwk

      Hapus
    5. Wkwkk....kalo ini kayaknya sama kayak tokoh di atas 😁

      Hapus
  3. Syukur sepanjang saya berkawan, belum lagi pernah bertemu dgn kawan yang suka meminjam duit. Saya juga tak suka pinjam duit, mungkin ada waktunya tak cukup bawak wang tunai jadi kawan tolong bayarkan dulu, tapi saya akan cepat-cepat bayar balik kerana saya tak mau mati dalam berhutang. Bahkan ada hadis Nabi SAW menolak untuk melakukan solat jenazah orang yang berhutang dan enggan membayar hutang sewaktu hidupnya (Riwayat al-Bukhari (2295)).

    Prinsip saya, hutang merosakkan persahabatan jadi lebih baik tak meminjam / memberi pinjaman kepada kawan. Kalau dia terdesak, beri sedekah ikut kemampuan kita lebih baik dari merosakkan persahabatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya pun dia baik -baik aja sih kak..tapi lama-lama mulai terlihat perangai aslinya, mau menghindar koq rasanya sulit, entah kenapa saya kok bisa bertahan berteman dengan dia.

      Sebetulnya sudah malas berteman, terakhir dia sepertinya meyakinkan sekali,ternyata hanya manis di mulut saja, saya terkecoh dengan kebaikannya yang ternyata hanya pura pura, saya mengira dia sudah mulai berubah baik..ternyata sama saja.

      Hapus
  4. Semoga diberi ganjaran atas kesabaran yang tidak pernah henti... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya semua di pasrahkan saja .biar Allah yang membalas.

      Hapus
  5. Ini temen cari kesempatan
    Tinggalin aje

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Wak...memang harus dan wajib di tinggalkan

      Hapus
  6. Saya juga ada, tapi bila diminta, senyap langsung pindah ke tempat lain, kerana terlalu banyak meminjam dari kawan dan orang sekeliling. Pengajaran buat saya. Kalau yang lain mau pinjam sebab terdesak, saya mungkin boleh bagi sedikit saja. Moga dipermudah kan semua urusan nya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...ini juga jadi pelajaran buat saya untuk gak terlalu percaya banget, kita nggak tau isi dalam kepala dan hatinya.

      Hapus
  7. Espero que estés mejor cuidate mucho. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..saya bersyukur saya baik' saja... terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  8. Dulu, saya pernah menadih hutang pakai golok
    Dan alhamdulillah, dibayar
    Abis kalau tidak begitu, janjinya entar entor melulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkk...serem juga mas....emng sih mereka itu ngelunjak, di diemin keenakan..di tagih berkelit terus.. sekalian aja bawain golok ya hehe

      Hapus
  9. jenis yang banyak songeh, pinjam duit... clearly red flag punya orang. once dia begitu, jangan haraplah jadi kawan saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..entah kenapa saya bisa berjumpa mereka dalam hidup saya, bahkan berteman cukup lama 🤦

      Hapus