Vitamin Batin


Mreneyoo.com
. Problematika hidup itu bakal selalu ada, adaaa aja yang bikin hidup gak tenang, walau kadar tiap orang gak sama, tapi sebagai manusia normal, pastinya kepingin dong hidupnya baik-baik aja, aral melintang akan selalu ada, tapi seenggaknya kita bisa melaluinya dan dijadikan pelajaran supaya enggak terpuruk terus-terusan.

Kadar bahagia tiap orang tuh beda-beda, barangkali hal-hal sederhana yang kita lakukan sehari-hari bisa jadi vitamin batin yang manjur, walau mungkin yang baca sampe bosan karena udah banyak yang posting soal begini, tapi enggak ada salahnya juga saya tulis, biar saya bisa selalu ingat ketika hati lagi rapuh dan terpuruk... hehe. Berikut beberapa hal yang bisa di coba, siapa tau berguna.

Bersyukur

Kedengerannya sederhana sih, tapi efeknya luaaar biasa, setiap hari luangkan waktu sebentar untuk mensyukuri hal-hal kecil yang dimiliki, seperti kesehatan, makanan, atau momen ngumpul bareng, pokoknya sekecil apa pun patut di syukuri, rasa syukur membantu kita melihat sesuatu lebih baik.

Fokus

Fokus berada di saat ini tanpa terlalu memikirkan tentang masa lalu atau terlalu khawatir tentang masa depan yang belum kelihatan hilalnya:D, fokus aja pada apa yang sedang dilakukan, entah itu lagi makan, jalan atau saat berbicara dengan seseorang.

Mengasihi Diri Sendiri

Berbaik hati pada diri sendiri, andaipun kita melakukan kesalahan atau merasa nggak sempurna, ya wajar aja sih, maafkan dirimu dan pahami bahwa nggak apa-apa untuk gak selalu sempurna atau jadi biasa-biasa aja.

Hubungan Positif

Luangkan waktu untuk terhubung dengan orang-orang yang membuatmu merasa nyaman dan diterima. Hubungan yang hangat dan mendukung sangat penting untuk bahagia.

Beraktifitas

Aktivitas fisik, meskipun sederhana seperti berjalan kaki sambil cuci mata ..eeh..atau peregangan bisa membantu meningkatkan mood. Menarik nafas dalam-dalam juga bisa meredakan stres dan membuat pikiran lebih tenang.

Tersenyum

Nah ini....senyum doonk..jangan jutek atau pelit. Kadang hanya dengan tersenyum, meskipun awalnya kayak terpaksa, senyum bisa mengirimkan sinyal positif ke otak dan membuatmu merasa lebih baik, senyum itu ibadah loh, siapa yang bisa membuat orang tersenyum, akan dapet pahala hehe...banyakin nonton lawak atau baca blog mas Agus warteg/blog Sarilah yak 😁 biar bisa senyum-senyum dan tertawa !

Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu nikmati, bahkan walau hanya beberapa menit sehari. Ini bisa memberi rasa puas dan kebahagiaan sederhana. Hal-hal kecil ini bisa jadi "vitamin" yang menjaga batinmu tetap sehat dan bahagia, bahkan di tengah rutinitas sekalipun.



Salam

Posting Komentar

18 Komentar

  1. bersyukur adalah kunci, terimakasih atas pengingatnya ya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ... pokoknya selalu bersyukur apapun itu.

      Hapus
  2. Wah...terima kasih Mbak atas vitamin batin ini.
    Vitamin-vitamin itu hal-hal sederhana saja yang dapat dilakukan. Jadi baiknya konsisten vitamin-vitamin itu dikonsumsi secara rutin...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak...hal-hal sederhana sehari-hari yang bisa di lakukan untuk batin lebih tenang.

      Hapus
  3. setuju dengan semua senarai tu...

    BalasHapus
  4. Makasih sudah di promosikan blog aku mbak.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Agus....baca blog mas Agus bisa nambah vitamin, pan ketawa mulu 😁

      Hapus
    2. Waduh, nambah vitamin apakah itu, apakah vitamin K, ketawa.😅

      Hapus
    3. Naah itu !! Vitamin K..ketawa 😁

      Hapus
  5. Saya sangat setuku dengan poin -poin di atas
    harus pandai-pandai mengolah hati dan pikiran
    harus lebih memandang hidup dari sisi nikmat
    soal cemas, hemm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas....pinter-pinter menenangkan hati...

      Hapus
  6. Memang jalan2 walau hanya di sekitar rumah bisa jadi mood booster ya. Dan sebenarnya kebahagiaan bisa datang dari hal2 yg sederhana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund....yang kecil-kecil aja efeknya luar biasa buat ketenangan batin.

      Hapus
  7. Setuju mba. Hal2 di atas ampuuun banget sebenarnya utk membuat hati kita bahagia, tenang, dan ga mudah stress. Masalah itu ada utk menggembleng kita JD lebih kuat. Jadi harus dicari solusinya. Bukan hanya mengeluh.

    Bersyukur dengan apa yg kita punya, sekecil apapun itu, juga bikin hati kita ga menginginkan hal2 yg bukan milik kita. Terkadang manusia mudah iri, Krn dia membanding2kan miliknya dengan orang lain. Ga fokus dengan hal yg sudah dia miliki. Akibatnya, jadi iri dengki, dan ujung2nya hati selalu gelisah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Fanny, bener banget, emang masalah bakalan selalu ada selama kita masih hidup di dunia, tapi gimana caranya supaya nggak terlalu terpuruk amat atau stress dan akhirnya tekanan batin, cara"sederhana di atas bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, gak perlu butuh modal, cukup di praktekin aja... mudah -mudahan hati lebih tenang.

      Hapus
  8. Poin terakhir yang aku baru rasain banget mbak. Emang yaa, me time itu penting banget, hahaha. Aku kemaren setelah sempat berselisih sama istri, mutusin buat stop main badminton. Eeeeh.. dari situ akunya malah jadi uring-uringan, dan stress terus gak ilang-ilang.

    Kemaren beberapa kali main badminton lagi, akhirnya baru deh perasaanku jadi lebih happy dan lebih semangat lagi buat kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya donk mas...kita perlu banget punya waktu buat diri sendiri, gak perlu mahal, gak usah yg susah-susah..melakukan hobi sederhana atau apa kek yang bikin hati jadi seneng itu naikin mood banget.

      Hapus